SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN POSISI IDEAL PEMAIN DALAM CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DUA METODE NAÏVE BAYES DAN PROFILE MATCHING (Studi Kasus : SSB Indonesia Muda Kota Bengkulu)

SARTIKA, DITA and Desi, Andreswari and Ernawati, Ernawati (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN POSISI IDEAL PEMAIN DALAM CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DUA METODE NAÏVE BAYES DAN PROFILE MATCHING (Studi Kasus : SSB Indonesia Muda Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI-DITA SARTIKA-G1A012063.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan penentuan posisi pemain untuk cabang olahraga sepak bola, yang terdiri dari posisi penyerang, bertahan, gelandang dan kiper. Metode Naïve Bayes digunakan jika pelatih telah memiliki data pemain terdahulu dan metode Profile Matching digunakan jika telah memiliki nilai standar pelatih. Kriteria penilaian yang digunakan yaitu Dribbling, Passing, Crossing, Shooting, Accelaration, Agility, Stamina, Jumping, Aggression, Composure, Creativity, Decisioning, Positioning, Marking dan Teamwork. Hasil akhir dari sistem ini adalah menghasilkan rekomendasi daftar ranking pemain dari setiap posisi. Peneliti melakukan pengujian white box dengan teknik basis path testing membuat perkiraan logika yang kompleks untuk mendefinisikan aliran eksekusi dan pengujian black box dengan teknik equivalence partitioning dengan teknik pengujian yang membagi domain input, menentukan kasus pengujian dengan mengungkapkan kelas-kelas kesalahan. Dari pengujian kelayakan sistem yang dilakukan menggunakan kuesioner didapatkan persentase perkategori yaitu 88.25% untuk variabel tampilan, 85.5% untuk variabel kemudahan pengguna, dan 87% untuk variabel kerja sistem.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 04 Dec 2017 08:35
Last Modified: 04 Dec 2017 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15286

Actions (login required)

View Item View Item