PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) FERMENTASI Aspergillus niger TERHADAP ORGANOLEPTIK AYAM BROILER

Rinaldo, Biki Costa and Nurmeiliasari, Nurmeiliasari and Amir, Husaini Karim Amrullah (2021) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) FERMENTASI Aspergillus niger TERHADAP ORGANOLEPTIK AYAM BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Rinaldo Biki Costa (E1C017022).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Daun sirsak (Annona muricata L.) merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin, alkaloid, beta karoten, tannin, asam askorbat dan mineral seperti, kalium, magnesium, kalsium, mangan. Kalium dan asam glutamat merupakan senyawa yang aktif dalam penentuan rasa daging ayam. Vitamin dan flavonoid merupakan senyawa bioaktif yang mempengaruhi bau dan tekstur pada daging. Beta karoten pada daun sirsak dapat memberikan pigmentasi warna daging ayam broiler. Aspergillus niger merupakan organisme proteolitik yang dapat mendegradasi serat kasar dan menghasilkan enzim protease. banyaknya enzim-enzim yang terkandung dalam Aspergillus niger maka dapat membantu sistem pencernaan pada ternak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2020 sampai 18 Januari 2021, berlokasi di Commercial Zone and Animal Laboratory (CZAL) Jurusan Peternakan dan laboratorium Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Ayam broiler strain MB 202 Lohman pada perlakuan sebanyak 160 ekor dan sampling sebanyak 40 ekor. Uji warna daging dilakukan 3 panelis dan uji bau daging, rasa daging dan tekstur daging 20 panelis. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) 5 perlakuan dan 4 ulangan. P0 : penggunaan 0% daun sirsak fermentasi dalam ransum, P1 : penggunaan 1% daun sirsak fermentasi dalam ransum, P2 : penggunaan 3% daun sirsak fermentasi dalam ransum, P3 : penggunaan 5% daun sirsak fermentasi dalam ransum, P4 : penggunaan 7% daun sirsak fermentasi dalam ransum. Analisis data yang digunakan secara deskriptif. Hasil penelitian pemberian tepung daun sirsak (Annona muricata L.) fermentasi Aspergillus niger dapat meningkatkan warna daging, peningkatan warna daging paling tinggi pada Perlakuan P3 yang mengandung 5% tepung daun sirsak fermentasi. Bau daging panelis paling banyak memilih skor 3 (bau agak amis). Rasa daging panelis lebih banyak memilih skor 3 (cukup enak). Tekstur daging panelis lebih banyak memilih skor 3 (cukup empuk) dan skor 2 (kurang empuk) pada perlakuan P1 yang mengandung 1% tepung daun sirsak fermentasi . Pemberian tepung daun sirsak (Annona muricata L.) fermentasi Asppergillus niger dapat meningkatkan karakteristik warna daging, namun tidak meningkatkan bau daging, rasa daging dan tekstur daging pada organoleptik ayam broiler.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:27
Last Modified: 04 Sep 2023 06:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15286

Actions (login required)

View Item View Item