PENGEMBANGAN EDUGAME MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU)

HERVIANTI, YOLANDA and Desi, Andreswari and Endina, Putri Purwandari (2017) PENGEMBANGAN EDUGAME MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
LAPORAN SKRIPSI YOLANDA HERVIANTI (G1A012064).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Bencana alam merupakan sebuah peristiwa yang dapat mengancam setiap saat dan menimbulkan kerusakkan serta korban jiwa, salah satu bencana alam yaitu gempa bumi. Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi dari dalam perut bumi secara tiba-tiba. Game mitigasi bencana alam gempa bumi merupakan game edukasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pemahaman anak dalam upaya penanggulangan dampak dari bencana alam gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu Aplikasi game edukasi pada platformAndroid sebagai media pembelajaran mitigasi bencana alam gempa bumi dan dasar-dasar keselamatan dalam menghadapi bencana alam gempa bumi dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan serta mengetahui ada tidaknya pengaruh Aplikasi ini terhadap aspek pemahaman anak mengenai mitigasi bencana alam gempa bumi melalui game edukasi. Aplikasi ini memiliki video mengenai simulasi gempa dan video mitigasi gempa yang disertai dengan game yang terdiri dari 3 stage yaitu sebelum terjadi gempa, saat terjadi gempa dan setelah terjadi gempa. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil pre-tes dan post-tes = 2,001 dan nilai = -8,02 maka diterima, menunjukkan bahwa Aplikasi edugame mitigasi bencana alam gempa bumi berbasis Android berpengaruh terhadap aspek pemahaman anak mengenai pembelajaran mitigasi bencana alam gempa bumi. Hasil yang di dperoleh dari uji kelayakan Aplikasi termasuk dalam kategori “SANGAT BAIK” dengan rata-rata persentase pengoperasian Aplikasi sebesar 76%, tampilan 67% dan isi tampilan 74%. Hasil yang didapat dari uji respon siswasebesar 80% menunjukkan respon yang positif terhadap Aplikasi edugame mitigasi bencana alam gempa bumi berbasis Android.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:31
Last Modified: 05 Dec 2017 02:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item