KELIMPAHAN DAN STRUKTUR POPULASI Rhizanthes DI HUTAN LINDUNG BOVEN LAIS REGISTER 41 DESA KURO TIDUR KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Yuliasari, Gina irianty and Agus, Susatya and Yansen, Yansen (2017) KELIMPAHAN DAN STRUKTUR POPULASI Rhizanthes DI HUTAN LINDUNG BOVEN LAIS REGISTER 41 DESA KURO TIDUR KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI GINA IRIANTY YULIASARI KEHUTANAN E1B012104.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan tropis yang paling luas dan tinggi tingkat keanekaragaman hayatinya di dunia, termasuk jenis tumbuhan berbunga. Salah satu tumbuhan berbunga penyusun ekosistem hutan hujan tropis di kawasan Asia Tenggara adalah bunga Rhizanthes (Rafflesiaceae). Rhizanthes adalah tumbuhan parasit sejati yang artinya seluruh sumber energi nya tergantung pada tumbuhan inangnya. Tumbuhan ini tidak memiliki daun, akar, maupun klorofil sehingga ia tidak mampu berfotosintesis. Rhizanthes merupakan flora yang dilindungi dan masuk ke daftar CITES (Convention on international trade in endengered species of wild flora and fauna). Tanaman ini harus dilestarikan dan dilindungi dari ancaman kepunahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan dan struktur populasi Rhizanthes di Hutan Lindung Boven Lais register 41 Desa Kuro Tidur Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari sampai dengan Maret 2017 di Hutan Lindung Boven Lais register 41 Desa Kuro Tidur Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplorasi pada metode ini dilakukan pemetaan setiap lokasi yang ditemukanya sub-sub populasi Rhizanthes. Pengamatan struktur populasi dilakukan dengan membuat plot seluas dari perakaran inangnya dibagi habis dalam plot terkecil 1m x 1m. Dari plot tersebut dilakukan pengukuran knop. Pengukuran knop dilakukan setiap 2 minggu sekali selama dua bulan. Sehingga diperoleh data struktur diameter dari masing- masing knop / sub populasi. Pengamatan yang dilakukan selama dua bulan tersebut, memperlihatkan laju mortalitas baik itu mortalitas/ bulan maupun mortalitas/ sub populasi. Diameter Tetrastigma dan pohon inang Tetrastigma juga di ukur. Pengenalan jenis Tetrastigma dan jenis pohon sebagai inang struktural Tetrastigma, dilakukan dengan pengambilan spesimen herbarium di lokasi penelitian. Selanjutnya di identifikasi di laboratorium Kehutanan UNIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelimpahan Rhizanthes dilokasi penelitian terdapat fase kopula berjumlah 38 knop, pada fase brakta 14 knop, fase perigon 9 knop dan fase mekar berjumlah 1 knop sedangkan mekar tetapi sudah mati berjumlah 10 knop Laju mortalitas knop secara umum mengalami peningkatan yakni 15 % pada dua minggu pertama dan 21 % pada dua minggu ke dua. Bahkan pada akhir pengamatan laju mortalitas knop mencapai 31 %. Pengamatan asosiasi tingkat 1 yakni antara Rhizanthes dan Tetrastigma diketahui bahwa diameter Tetrastigma tidaklah berpengaruh terhadap banyak atau sedikitnya jumlah knop Jenis Tetrastigma yang menjadi inang dari Rhizanthes yaitu spesies Tetrastigma Pendunculare (wall) dan (asosiasi tingkat 1) sedangkan untuk jenis inang struktural Tetrastigma Pendunculare (wall) (asosiasi tingkat 2) yakni : plot 1 (Hydnocarpus anomala (Merr), plot 2 (Voacanga africana) dan plot 3(Saurauia glabra Merr).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:36
Last Modified: 26 Jan 2018 09:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item