Mitari, Juni and Rusdi, Rusdi and Edi, Susanto (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA UNTUK SMP KELAS VII SEMESTER 2 TERBITAN KEMENDIKBUD KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 BERDASARKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1C016064_JUNI MITARI_SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII semester 2 edisi revisi 2016. Fokus analisis dalam penelitian ini terdiri dari 3 bab yaitu bab aritmatika sosial, garis dan sudut dan segiempat dan segitiga. Komponen yang dianalisis pada aspek penemuan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku matematika kemendikbud edisi revisi 2016 ditinjau dari aspek materi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berdasarkan komponen penemuan pada CTL. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian keabsahan dengan uji kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian buku teks matematika dilakukan pada bab aritmatika sosial dari aspek materi dikategorikan sangat sesuai dengan persentase sebesar 77,77%. (2) pada bab garis dan sudut dari aspek materi dikategorikan sesuai dengan persentase sebesar 53,33%. (3) pada bab segempat dan segitiga dari aspek materi dikategorikan sesuai dengan persentase sebesar 75,23%. Hasil keabsahan uji kappa diperoleh rata-rata skor 0,777 dengan kriteria sangat kuat. Kata kunci: Analisis; Buku Teks; Kesesuaian, CTL.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15562 |
Actions (login required)
View Item |