Mitari, Juni and Rusdi, Rusdi and Edi, Susanto (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA UNTUK SMP KELAS VII SEMESTER 2 TERBITAN KEMENDIKBUD KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 BERDASARKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016064_JUNI MITARI_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016064_JUNI MITARI_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016064_JUNI MITARI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika 
kurikulum 2013 SMP kelas VII semester 2 edisi revisi 2016. Fokus analisis dalam 
penelitian ini terdiri dari 3 bab yaitu bab aritmatika sosial, garis dan sudut dan 
segiempat dan segitiga. Komponen yang dianalisis pada aspek penemuan pada 
pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah 
penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku matematika 
kemendikbud edisi revisi 2016 ditinjau dari aspek materi. Instrumen yang 
digunakan adalah lembar observasi berdasarkan komponen penemuan pada CTL. 
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian keabsahan dengan 
uji kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian buku teks 
matematika dilakukan pada bab aritmatika sosial dari aspek materi dikategorikan 
sangat sesuai dengan persentase sebesar 77,77%. (2) pada bab garis dan sudut dari 
aspek materi dikategorikan sesuai dengan persentase sebesar 53,33%. (3) pada 
bab segempat dan segitiga dari aspek materi dikategorikan sesuai dengan 
persentase sebesar 75,23%. Hasil keabsahan uji kappa diperoleh rata-rata skor 
0,777 dengan kriteria sangat kuat. 
Kata kunci: Analisis; Buku Teks; Kesesuaian, CTL.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15562 | 

