PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI KELAS IV SD N SEBAGAI BENTUK PERSIAPAN PEMBELAJARAN VIRTUAL

Sari, Anisa Purnama and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI KELAS IV SD N SEBAGAI BENTUK PERSIAPAN PEMBELAJARAN VIRTUAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ANISA PURNAMA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif pada materi energi alternatif di kelas IV SD sebagai bentuk persiapan pembelajaran virtual. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model Waterfall. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Testing (Pengujian). Proses testing dilaksanakan dengan melakukan validasi ahli dan uji kelompok kecil (tanggapan guru dan siswa). Media ini divalidasi oleh ahli kurikulum yang kemudian direvisi dan selanjutnya ditanggapi oleh 6 responden guru dan 6 responden siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil validasi ahli dan uji kelompok kecil (tanggapan guru dan siswa) serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan uji kelompok kecil (tanggapan guru dan siswa). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi energi alternatif sebagai bentuk persiapan pembelajaran virtual, dengan persentase hasil validasi dari ahli kurikulum sebesar 94,5% dalam kategori sangat valid, persentase hasil tanggapan guru sebesar 97% dalam kategori sangat baik, dan hasil tanggapan siswa sebesar 96,6% dalam kategori sangat baik. Jadi, dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif pada materi energi alternatif di kelas IV SD dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang sangat baik dan dapat digunakan pada pembelajaran virtual. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pembelajaran Virtual

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:51
Last Modified: 11 Sep 2023 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

View Item View Item