REPRE LM BLUE FIL ESENTA E IS THE ASI ORIE E WARM CHAP ENTASI MEST COL PTER 1& SEKSUA OLOR;LA 2 AL PAD VIE A’A A ADELE

PUTRI, MAYA HARDIYANTI and Yudisiani, Yudisiani and Verani, Indiarma (2016) REPRE LM BLUE FIL ESENTA E IS THE ASI ORIE E WARM CHAP ENTASI MEST COL PTER 1& SEKSUA OLOR;LA 2 AL PAD VIE A’A A ADELE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MAYA OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehmunculnya film tentang fenomena lesbiandi media channel youtubeyang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang hubungan percintaan lesbian.Film yang dapat di akses secara bebas tersebut,menanyangkan adegan percintaan sesama jenis lesbian secara vulgar,ditengah-tengahkeberadaanmasyarakat Indonesia yang masih menolak keberadaan kaum minoritas Lesbian tersebut.Tujuan penelitian adalah untuk merepresentasikan orientasi seksual yang terdapat pada filmBlue is The Warmest Color:La Vie d’Adele Chapter1&2. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian antara lain, studi/kajian pustaka dan dokumentasi. Berdasarkankajian yang dilakukanmenggunakanteori semiotika Roland Barthes,penelitianinimenemukanadanya 25 scene pilihan dalam film Blue is the Warmest Color; La Vie d’Adele Chapter 1&2 yang mengarah kepada orientasi seksual dalam film tersebut. Lebih dari separuh bagian dalam film ini terdapat beberapa gesture yang sangat kuat merepresentasikan orientasi seksual dalam film ini sebagai kisah romansa penyimpangan orientasi seksual Lesbian.Penelitian inijuga menemukan bahwa orientasi seksual sesama jenis dalam film Blue is the Warmest Color; La Vie d’Adele Chapter 1&2 tersebutditunjukan dengan sangat vulgar, diantaranya hubungan intim/hubungan badan sesama jenis yang disuguhkan tanpa sensor antara Emma dan Adele, ciuman bibir antara Adele dengan beberapa tokoh tanpa sensor, dan beberapa adegan lainnya yang sangat bertolak belakang dengan budaya ketimuran Indonesia. Selanjutnya, berdasarkan analisa yang dilakukan peneliti menggunakan makna denotatif dan konotatif semiotika Roland Barthes, peneliti juga menemukan adanya aksi kampanye LGBT terselubung yang terdapat dalam film ini, dimana kampanye tersebut didesign dengan simbol-simbol khusus yang menandakan ciri dari kaum LGBT , yaitu warna-warni seperti pelangi dan dipertegas dengan kehadiran beberapa tokoh yang didesign khusus untuk mewakili masing-masing golongan tersebut, yaitu Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender. Kata kunci : Representasi, Orientasi Seksual, Representasi Film, FilmBlue is The Warmest Color:La Vie d’Adele Chapter1&2.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 05:14
Last Modified: 05 Feb 2018 05:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item