PERANAN DIVISI PROFESI PENGAMANAN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PENGEDARAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH POLISI DI POLRES BENGKULU

Dea, Umairah Maulidya and M.Abdi, M.Abdi and Herlita, Eryke (2021) PERANAN DIVISI PROFESI PENGAMANAN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PENGEDARAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH POLISI DI POLRES BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi - Dea Umairah Maulidya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peredaran narkotika sudah sangat meluas, hingga pengedar narkotika bukan hanya dari kalangan masyarakat, anggota polisi pun ikut serta melakukan tindak pidana pengedaran narkotika. Di Polres Bengkulu terdapat anggota yang menjadi tersangka tindak pidana pengedaran narkotika ini. Peran Divisi propam dilaksanakan secara represif melalui sidang displin atau sidang komisi kode etik polri. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui dan memahami peran DIV PROPAM dan Polres Bengkulu dalam menangani tindak pidana peredaran narkotika yang dilakukan oleh aparat kepolisian. (2) Untuk memahami dan mengetahui solusi pelaksanaan peran DIV PROPAM agar objektif dalam menangani tindak pidana peredaran narkotika yang dilakukan oleh polisi di Polres Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pendeskriptif dengan pendekatan penelitian hukum empiris. Teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengelolaan data yaitu dengan editing data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peranan divisi propam peranan DIT PROPAM Polres Bengkulu dalam menangani tindak pidana peredaran narkotika yang dilakukan oleh aparat kepolisian dengan melakukan upaya Refresif dalam bentuk melakukan sidang Kode Etik.(2) Solusi pelaksanaan peran DIT PROPAM agar objektif dan professional dalam menangani tindak pidana peredaran narkotika yang dilakukan oleh polisi di Polres Bengkulu dengan transparansi dalam penegakan hukum melakukan pembinaan pengawasa, dan razia, inspeksi mendadak dan tes urine perberkala per-6 bulan sekali terhadap anggota polri yang dicurigai. Kata kunci : Pengedaran Narkotika, Anggota kepolisian, Peran Divisi Propam.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:51
Last Modified: 13 Sep 2023 06:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item