POLA KOMUNIKASI PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DALAM UPAYA PENYEBARAN INFORMASI PERTANIAN BAGI PARA PETANI Studi di Balai Penyuluhan Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara)

SAPUTRA, RONALDY LESMANA and Dwi, Aji Budiman and Khairil, Buldani (2016) POLA KOMUNIKASI PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN (PPL) DALAM UPAYA PENYEBARAN INFORMASI PERTANIAN BAGI PARA PETANI Studi di Balai Penyuluhan Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RONAL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pada kegiatan berkomunikasi termasuk dalam upaya penyebaran informasi tentu dibutuhkan pola komunikasi yang baik agar penyampaian informasi dapat di terima oleh komunikan (target komunikasi). Penelitian ini terkhusus pada pola komunikasi penyuluh pertanian lapangan dalam upaya penyebaran informasi pertanian bagi para petani di wilayah Balai Penyuluhan Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan menggunakan teori difusi inovasi yang membahas tentang bagaimana sebuah ide atau teknologi baru tersebar dalam sebuah kebudayaan. Pada penerapan teori difusi inovasi ini oleh penyuluh pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh penyuluh pertanian lapangan di Balai Penyuluhan Kecamatan Wilayah kecamatan Air Napal Kepada para petani di Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dekriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari observasi partisipan, wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan penyuluh pertanian lapangan dilakukan Dengan banyak cara, antara lain dengan Komunikasi langsung (antar personal) Latihan Kunjungan kerumah Ketua Kelompok, Komunikasi Kelompok, Komunikasi dua tahap (opinion leader). Kata Kunci : Pola Komunikasi, Penyuluh Pertanian. Balai Penyuluhan, Kecamatan Air Napal, Kabupaten Bengkulu Utara

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:59
Last Modified: 05 Feb 2018 07:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item