PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS HOTS SISWA KELAS VIII SMPN 10 KOTA BENGKULU

Gempita, Siti Miratih and Arono, Arono and Agus, Trianto (2022) PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU-SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS HOTS SISWA KELAS VIII SMPN 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Siti Miratih Gempita-A1A018103.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa Lisan guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis HOTS (Higheer Order Thinking Skill) siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Objek penelitian adalah guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar di kelas. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil data dokumen yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta dokumentasi foto dan rekaman suara pada saat pembelajaran. Teknik analisis data diawali dengan 1. mengumpulkan ujaran guru dan siswa pada saat diskusi tanya jawab dari hasil rekaman, 2. menganalisis kontruksi bahasa lisan serta pertanyaan yang diberikan guru secara langsung kepada siswa dari aspek berpikir kritis,berpikir kreatif, problem solving, kemampuan mengambil keputusan, 3. Mencari pola kontruksi yang termasuk kedalam LOTS ataupun HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Bahasa Lisan Guru-Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia berbabis HOTS Siswa Kelas VIII, belum memenuhi aspek karakteristik HOTS. Kata Kunci: Bahasa Lisan, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:06
Last Modified: 13 Sep 2023 08:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item