ANALISIS PROGRAM PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KOTA BENGKULU (Studi Kasus Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Bengkulu)

Arsita, Fenti Tiara Dian and Tamrin, Bangsu and Yunilisiah, Yunilisiah (2016) ANALISIS PROGRAM PEMBINAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KOTA BENGKULU (Studi Kasus Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
ANALISIS PROGRAM PEMBINAAN PARA NARAPIDANA DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN KELAS IIA KOTA BENGKULU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah kejahatan dalam kehidupan masyarakat menyebabkan proses hukum dan proses pembinaan harus berjalan sesuai dengan peraturan dan UU yang berlaku. Salah satu alat untuk menghadapi kejahatan melalui wadah pembinaan narapidana yaitu lembaga pemasyarakatan yang bertujuan untuk membina dan mendidik para pelaku tindak pidana agar bertobat atau tidak lagi melakukan kejahatan dan dapat hidup normal kembali dalam masyarakat dengan baik. Program Pembinaan yang dilakukan yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai program pembinaan terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Bengkulu yang berlokasi di jalan Bentiring Bengkulu. Penelitian ini bersifat deskriptif, sampel dalam peneli ti an ini men gguna kan metode p en gambi lan sampel “p roporsional p urposive sampl ing” yaitu diantaranya petugas dan narapidana yang telah menjalani masa pidananya antara lebih dari 6 bulan dan telah mendapatkan putusan hukuman sebanyak 12 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganilis data yang diperoleh menggunakan Reduction data, display data dan concluciaon darwing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kota Bengkulu belum berjalan dengan baik atau belum efisien. Hal ini ditunjukkan dengan: (a) wadah atau tempat pelaksanaan program pembinaan yang belum memadai (b) kurangnya perhatian petugas secara optimal dalam pelaksanaan pembinaan (c) kurangnya pembina atau Sumber Daya Manusia yang kompeten dalam setiap program pembinaan (d) minimnya dana (e) program-program pembinaan yang monoton (f) Kurangnya kerjasama dengan instansi-instansi dari luar (g) belum adanya Pekerja Sosial Profesional. Berdasarkan hal tersebut, maka disaeankan: (1) Lembaga menambah sumber daya manusia yang lebih berkompeten dibidang pembinaan kemandirian dan pembinaan kepribadian, kemudian memberikan fasilitas dan wadah yang memadai (2) pemerintah hendaknya memberikan Pekerja Sosial Profesional disetiap Lembaga Pemasyarakatan, sehingga dapat membantu lembaga dalam melaksanakan program pembinaan terhadap narapidana Kata Kunci: Program Pembinaan dan Narapidana.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 07 Feb 2018 01:58
Last Modified: 07 Feb 2018 01:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15904

Actions (login required)

View Item View Item