PARTISIPASI ANGGOTA PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (Studi Kasus Pada Program Usaha Perdagangan Milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Bersama Desa Maju Makmur Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko)

SUSANTI, YETI and Syuplahan, Gumay and Nurhayati, Darubekti (2017) PARTISIPASI ANGGOTA PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (Studi Kasus Pada Program Usaha Perdagangan Milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Bersama Desa Maju Makmur Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Other (Thesis)
Skripsi YETI SUSANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang partisipasi anggota dalam pelaksanaan program usaha perdagangan milik BUMDes Makmur Bersama di Desa Maju Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan terdiri dari 12 orang, yang mewakili anggota, pengurus BUMDes Makmur Bersama dan kepala desa. Partisipasi yang digunakan dalam pelaksanaan program ini adalah bentuk partisipasi, diantaranya partisipasi waktu, partisipasi harta benda, partisipasi tenaga dan partisipasi buah fikiran. Kegiatan pelaksanaan ini sendiri terdiri dari pertemuan gotong royong dan transaksi jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) partisipasi masyarakat dalam bentuk waktu sudah cukup baik, (b) partisipasi masyarakat dalam bentuk harta benda sudah cukup baik (c) partisipasi anggota dalam bentuk tenaga masih kurang, kemudian (d) partisipasi dalam bentuk buah fikiran yang sdah cukup baik. Dalam partisipasi anggota terdapat faktor pendorong yaitu kesempatan, kemampuan dan kemauan, selanjutnya penghambat partisipasi yaitu : faktor internal dan eksternal. Agar partisipasi anggota dalam pelaksanaan kegiatan program usaha perdagangan milik BUMDes Makmur Bersama ini dapat dilaksanakan dengan baik maka perlu adanya keterlibatan dari : (a) Pendamping desa yang mana ia bertugas sebagai fasilitator, penghubung dalam membangun dan mengembangkan kapasitas masyarakat. (b) Pengurus BUMDes agar lebih aktif dan produktif dalam meningkatkan partisipasi anggotanya. (c) Anggota BUMDes Makmur Bersama seharusnya lebih aktif dalam mengikuti semua kegiatan terutama berpartisipasi dalam bentuk tenaga dan buah fikiran serta mendukung kegiatan yang dilaksanakan BUMDes Makmur Bersama. Kata kunci : Partisipasi Anggota, Program Usaha Perdagangan Milik Bumdes Makmur Bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:42
Last Modified: 02 Mar 2018 02:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item