PENGGUNAAN KONSENTRAT BERBAHAN LUMPUR MINYAK SAWIT (Solid Material Ex Decanter) DENGAN LEVEL YANG BERBEDA TERHADAP KECERNAAN PROTEIN KASAR (PK) DAN ENERGI (DE) PADA KAMBING NUBIAN JANTAN

Rainaldo, Sitopu and Hidayat, Hidayat and Tris, Akbarillah (2020) PENGGUNAAN KONSENTRAT BERBAHAN LUMPUR MINYAK SAWIT (Solid Material Ex Decanter) DENGAN LEVEL YANG BERBEDA TERHADAP KECERNAAN PROTEIN KASAR (PK) DAN ENERGI (DE) PADA KAMBING NUBIAN JANTAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (thesis)
Skripsi Rainaldo Sitopu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kecernaan protein kasar (PK) dan energi (DE) dengan penggunaan lumpur minyak sawit dalam konsentrat, dengan level yang berbeda pada kambing Nubian jantan muda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari - November 2019 di Kandang Jurusan Peternakan Universitas Bengkulu dan Analisis sampel di Pusat Antar Universitas (PAU) Institut Pertanian Bogor. Rancangan yang digunakan adalah rancangan bujur sangkar latin (RBSL) dengan menggunakan 4 ekor kambing jantan dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. P0 : Ampas tahu 100%, P1 : Ampas tahu 75%+ Lumpur minyak sawit 25%, P2 : Ampast tahu 50%+ Lumpur minyak sawit 50%, P3 : Ampas tahu 25%+ Lumpur minyak sawit 75%. Variabel yang diamati konsumsi pakan, produksi feses, kecernaan nutrisi, konsumsi air minum, temperatur dan kelembaban. Data yang telah diperolah dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (ANOVA), apabila hasil analisis dari penelitian berpengaruh nyata (P<0,05) maka dilanjutkan dengan uji Least Significance Different (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi (hijauan, konsentrat, protein kasar, energi dan total) namun berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap produksi energi dalam feses dan digestibility energi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap produksi protein kasar dalam feses dan kecernaan protein kasar pada kambing Nubian jantan muda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian lumpur minyak sawit dengan level meningkat menurunkan kecernaan Protein Kasar (PK) dan Kecernaan Energi (DE). Rataan kecernaan protein kasar dan energi masing - masing secara berurutan berkisar antara 51,80% - 83,89% dan 65,04% - 77,61%. Kata kunci : Kambing Nubian, Lumpur Minyak Sawit, Kecernaan PK dan DE.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:07
Last Modified: 09 Oct 2023 06:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16806

Actions (login required)

View Item View Item