PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA

KHALIFAH, SHELA MARDHA and Hari, Sumardi and Agus, Susanta (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_A1C018027_Shela Mardha Khalifah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara yang berjumlah 315 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII D berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan perhitungan N-Gain dan uji-t. Pada perhitungan N�Gain, diperoleh rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,5736 dan pada kelas kontrol yaitu 0,3846. Pada uji-t untuk hasil posttest kedua kelas diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,9502 > 2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara. Kata kunci: model problem based learning, hasil belajar matematika, materi aritmetika sosial

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:35
Last Modified: 12 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item