KHALIFAH, SHELA MARDHA and Hari, Sumardi and Agus, Susanta (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi_A1C018027_Shela Mardha Khalifah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara yang berjumlah 315 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VII D berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan perhitungan N-Gain dan uji-t. Pada perhitungan N�Gain, diperoleh rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,5736 dan pada kelas kontrol yaitu 0,3846. Pada uji-t untuk hasil posttest kedua kelas diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,9502 > 2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara. Kata kunci: model problem based learning, hasil belajar matematika, materi aritmetika sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16936 |
Actions (login required)
View Item |