MENINGKATKAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK 200 M DENGAN LATIHAN LARI DI ATAS PASIR PANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KAUR

Putra, Sayuti Wiliam and Tono, Sugihartono and Yarmani, Yarmani (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK 200 M DENGAN LATIHAN LARI DI ATAS PASIR PANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SAYUTI WILIAM PUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitian tindakan kelas meliputi tahadap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (action), tahap observasi (observation), dan tahap refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dilapangan (observasi),wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, lembar tes praktik. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah dengan latihan lari di atas pasir pantai dapat meningkatkan kemampuan lari jarak pendek 200 m. Kemampuan lari jarak pendek harus dicapai pada mata pelajaran Penjas di SMP Negeri 21 Kaur yaitu 84%. Setelah penelitian dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dengan latihan lari di atas pasir pantai dapat meningkatkan kemampuan lari jarak pendek 200 m ini terdapat pada tindakan tes awal, siklus I dan siklus II. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 16% (4 siswa) dalam kategori baik, 32% (8 siswa) dalam kategori cukup, 52% (13 siswa) dalam kategori kurang,. pada siklus I telah terjadi peningkatan kemampuan siswa yaitu sebesar 16% (4 siswa) dalam kategori baik sekali, 36% (9 siswa) dalam kategori baik, 28% (7 siswa) dalam kategori cukup, 20% dalam kategori kurang. Pada siklus II 56% (14 siswa) dalam kategori baik sekali, 36% (9 siswa) dalam kategori baik, 4% (1 siswa) dalam kategori cukup, 4% (1 siswa) dalam kategori kurang. Jadi nilai rata-rata secara klasikal tindakan tes awal 48%, setelah siklus I secara klasikal menjadi 72%,pada siklus II menjadi 96%. Dimana hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan latihan lari di atas pasir pantai dapat meningkatkan kemampuan lari jarak pendek 200 m.Kata Kunci : Pembelajaran, Atletik, Sprint 200 m.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Health and Physical Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 06 Sep 2018 03:22
Last Modified: 06 Sep 2018 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item