IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (SEMBAKO) TAHUN 2021 DI KELURAHAN KAMPUNG BALI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU

MERCURI, AGNES NOVELIA and Titiek, Kartika and Yerry, Handayani (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (SEMBAKO) TAHUN 2021 DI KELURAHAN KAMPUNG BALI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI AGNES NOVELIA MERCURI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu dimensi kemiskinan merupakan ketidakmampuan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang menjadi permasalahan nasional. Untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan pemerintah mengeluarkan salah satu program yakni program Bantuan Pangan Non Tunai (Sembako), yang bertujuan membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat miskin yang berada di kota. Skripsi ini kemudian mengambil tema ini berjudul Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (Sembako) Tahun 2021 Di Kelurahan Kampung Bali Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendapatkan gambaran mengenai implementasi dari program yang belum ada berberapa kendala. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap masalah penelitian. Aspek penelitian ini mengadopsi dari teori Riant Nugroho mengenai tahapan pada implementasi kebijakan yaitu, sosialisasi, implementasi, pengawasan dan evaluasi. Hasil penelitian dalam aspek sosialisasi ditemukan banyaknya KPM yang tidak mendapatkan sosialisasi dari dinas terkait dan sosialisasi yang dilakukan pendamping hanya penjelasan singkat tentang program, dalam aspek implementasi pihak yang harus terlibat nyatanya tidak terlibat, proses penggantian KPM dan pengaduan memiliki berberapa kendala, mekanisme program telah sesuai dengan pedoman umum program, dalam aspek pengawasan memiliki berberapa kendala karena proses pengaduan memiliki berberapa kendala dan dalam aspek evaluasi hanya fokus pada evaluasi agen E-Warung saja dan belum ada evaluasi kinerja petugas penyalur program. Implementasi yang belum berjalan dengan baik disebabkan oleh: 1). Sosialisasi yang belum merata dan materi yang diberikan hanya sedikit, 2). Adanya miskomunikasi dan tidak adanya koordinasi antara pihak serta proses pengaduan kepada pihak Dinas Sosial memiliki berberapa kendala, 3). Pengawasan oleh Dinas-dinas terkait belum dilakukan dengan baik, 4). Belum adanya evaluasi kinerja petugas penyalur atau pendamping program BPNT (Sembako).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:48
Last Modified: 01 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17152

Actions (login required)

View Item View Item