STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG EFEK BLOCKAGE RATIO TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI BALOK

SETIAWAN, AGUS EKO and Helmizar, and Nurul, Iman Supardi (2018) STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG EFEK BLOCKAGE RATIO TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN FLUIDA MELINTASI BALOK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TEKNIK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
TEKNIK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengujian menggunakan wind tunnel sering kali mengabaikan ukuran dari spesimen yang akan di uji. Penempatan model uji yang terlalu besar dapat berpotensi menimbulkan interaksi antara model uji dengan dinding test section. Interaksi ini akan menimbulkan blockage effect, dimana tentu saja hal ini akan menimbulkan kesalahan data dari experiment. Penelitian tentang blockage effect terhadap karateristik aliran fluida melintasi silinder[1] menyatakan bahwa pada nilai d/D kurang dari 9,09% relatif belum di temukan blockage effect yang siknifikan. Dimana d adalah ukuran diameter dari spesimen uji dan D adalah ukuran dari diameter test section. Pengujian pada wind tunnel tidak hanya menggunakan spesimen berbentuk silinder, ini di tunjukan pada penelitian tentang aliran yang melintasi objek silinder teriris dan balok[2]. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan nilai d/D untuk model uji berbentuk balok yang layak di masukkan dalam wind tunnel tanpa di pengaruhi oleh effek dinding yang siknifikan. Metode penelitian di lakukan dengan meletakkan model uji balok dan memvariasikan ukuran d/D = 5%, 12.5%, 20%, 27.5% dan 30%. Dengan menggunakan parameter aliran yaitu kecepatan dan tekanan fluida terhadap variasi d/D maka akan di dapat rasio maksimum antara diameter model uji dan diameter wind tunnel. Pada penelitian ini selain memvariasikan nilai d/D juga memvariasikan bilangan Reynolds. Hasil penelitian ini menunjukan pada d/D di bawah 12.5% belum adanya pengaruh dari dinding wind tunnel, sedangkan d/D di atas 20% sudah di temukan adanya pengaruh dari dinding wind tunnel.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 25 Feb 2019 09:10
Last Modified: 25 Feb 2019 09:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17483

Actions (login required)

View Item View Item