ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE (APAPO) DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TPI BENGKULU

Putri, Ria Sari and Titiek, Kartika and Anita, Marianata (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI APLIKASI PENDAFTARAN ANTRIAN PASPOR ONLINE (APAPO) DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TPI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RIA SARI PUTRI D1D017031.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin memudahkan orang untuk melakukan perjalanan dari suatu negara ke negara lain. Keadaan tersebut mengakibatkan meningkatnya perjalanan antar negara yang dilakukan oleh penduduk di Indonesia. Untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, masyarakat memerlukan paspor. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan permohonan paspor setiap tahunnya. Dengan peningkatan jumlah permohonan paspor tentu membutuhkan waktu antrian yang lama. Berkenaan dengan ini, Direktorat Jenderal Imigrasi melakukan inovasi pendaftaran antrian permohonan paspor secara online. Direktorat Jenderal Imigrasi mengeluarkan Surat Edaran No IMI-UM.01.01- 4166 tahun 2017 tentang Implementasi Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor Secara Online diseluruh Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi implementasi aplikasi pendaftaran antrian paspor online (APAPO) di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian tentang analisis faktor yang mempengaruhi implementasi aplikasi pendaftaran antrian paspor online (APAPO) di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Bengkulu, menggunakan teori Edward III dalam Winarno, 2012 yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi serta teori Teori Rian Nugroho dalam Nugroho, 2017 yaitu sosialisasi, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi APAPO terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi suksesnya proses implementasi APAPO. Hal ini dibuktikan dengan fakta di lapangan bahwa baik faktor komunikasi, sumber daya, disposisi atau sikap pelaksana, dan struktur birokrasi mempengaruhi implementasi APAPO sehingga pelaksanaan aplikasi APAPO yang di gunakan oleh pemohon paspor ini sangat berguna dan efektif karena dengan adanya APAPO yang berbasis digital ini dapat mengefisiensi waktu, dapat memberikan kepastian kepada pemohon paspor untuk membuat paspor tanpa perlu mengantri cukup lama, serta mempermudah pelayanan yang dilakukan pihak Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:37
Last Modified: 07 Feb 2024 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item