HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KAPASITAS MEMORI KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU IQRA’ KOTA BENGKULU TAHUN 2018

Nina, Tabligha and Andri, Sudjatmoko and Dessy, Triana (2018) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KAPASITAS MEMORI KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU IQRA’ KOTA BENGKULU TAHUN 2018. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Tidur merupakan kebutuhan fisiologis dasar bagi setiap individu yang dapat memengaruhi kualitas serta keseimbangan hidup. Tidur memiliki fungsi salah satunya yaitu berpengaruh ke sistem saraf sehingga bisa berdampak terhadap memori dan kemampuan belajar. Tuntutan sekolah, kegiatan sosial setelah sekolah dan gaya hidup dapat menyita waktu tidur. Di Sumatera Utara, dari 287 pelajar dilaporkan 220 pelajar yang mengalami kualitas tidur yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kualitas tidur dengan kapasitas memori kerja pada siswa SMA. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu pada bulan Agustus 2018. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian untuk menilai kualitas tidur yaitu kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index, sedangkan pengukuran kapasitas memori kerja menggunakan reading span test. Korelasi antara kedua variabel tersebut akan dianalisis mengggunakan uji Spearman. Hasil: Total sampel penelitian yang dianalisis adalah 53 siswa, 18 siswa (34%) memiliki kualitas tidur yang baik dan 35 siswa (66%) memiliki kualitas tidur buruk. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara kualitas tidur dengan kapasitas memori kerja dengan nilai p = 0,042, r = 0,281. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas tidur dengan kapasitas memori kerja pada siswa SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu. KataKunci: kualitas tidur, kapasitas memori kerja, siswa sekolah menengah atas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:50
Last Modified: 02 Apr 2019 07:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17619

Actions (login required)

View Item View Item