KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Lestari, Asih and Padi, Utomo and Agus, Joko Purwadi (2018) KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF SKRIPSI ASIH LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII 3 dan guru bahasa Indonesia kelas VII 1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data mengenai keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru adalah pedoman wawancara dan lembar observasi yang ditujukan untuk guru yang akan diamati.Uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu komponen yang telah dilaksanakan oleh guru adalah menyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan, mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran yang optimal yaitu menyampaikan cerita, memvariasikan gaya belajar, dan menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa,memberikan kehangatan dan menunjukkan sikap antusias, menimbulkan rasa ingin tahu,menyampaikan garis besar pembelajaran,mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya,merangkum inti pokok pelajaran, mengkonsolidasi perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan,mendemonstrasikan keterampilan, mengekspresikan pendapat, dan memberikan soal-soal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 26 Apr 2019 13:29
Last Modified: 26 Apr 2019 13:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17870

Actions (login required)

View Item View Item