Sari, Mia Putria and M. Ilham, Abdullah and Citra, Dwi Palenti (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KETERAMPILAN BAGI WARGA LANSIA PADA PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI MIA PUTRIA SARI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang pelaksanaan program keterampilan bagi warga lansia pada Panti Sosial Tresna Werdha Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ditinjau dari empat komponen dalam model CIPP (Cotext, Input, Process, Product) sebagai berikut : (1) komponen context berkaitan dengan kesesuaian materi pembelajaran dengan standar pendidikan orang dewasa, materi pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan standar pendidikan orang dewasa, (2) komponen input berkaitan dengan kualifikasi instruktur merupakan lulusan S1 Manajemen Universitas Bengkulu, minat warga belajar pada program keterampilan sudah baik, para lansia mempunyai semangat belajar yang baik dimana mereka selalu mengikuti proses pembelajaran sampai akhir pelajaran dan berusaha membuat apa yang di ajarkan oleh instruktur dan sarana prasarana pada program keterampilan sudah tersedia. Adapun sarana dan prasarana yang tersedia adalah ruang belajar, karpet alas duduk dan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat keterampilan. (3) komponen process berkaitan dengan media dan metode pembelajaran yang digunakan pada pelaksanaan pembelajaran program keterampilan. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada program keterampilan masih terdapat kekurangan, (4) komponen product berkaitan dengan capaian hasil belajar warga belajar pada aspek afektif, kognitif dan psikomotorik diantaranya warga belajar berpartisipasi dan menumbuhkan sikap bekerja sama, merespon dengan baik dan warga belajar mampu menerapkan apa yang mereka pelajari dalam pelaksanaan program keterampilan dan warga belajar sudah bisa membuat keterampilan yag di ajarkan. Kata kunci : Panti Sosial Tresna Werdha, Evaluasi model CIPP, Program keterampilan, Lansia
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:44 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:44 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17988 |
Actions (login required)
View Item |