EVALUASI PEMANFAATAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DESA TANJUNG TERDANA KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN 2016-2020

Chandra, Dendi Oktaria and Purwaka, Purwaka and Marwan, Arwani (2021) EVALUASI PEMANFAATAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT DESA TANJUNG TERDANA KECAMATAN PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN 2016-2020. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DENDI OKTARIA CHANDRA D1B014022.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Konsep taman bacaan masyarakat adalah suatu tempat atau wadah yang didirikan atau dikelola bersama oleh masyarakat dan pemerintah, merupakan sumber belajar untuk menyediakan bahan bacaan yang bermanfaat dan sesuai untuk komunitas. Namun, Kondisi TBM yang ada saat ini masih menghadapi berbagai kendala dan belum bisa menjadi sumber pembelajaran bagi seluruh masyarakat. Kondisi ini sama seperti taman bacaan yang ada di desa Tanjung Terdana, keberadaannya masih belum termanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat. Berdasarkan latar belakang masalah inilah penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan taman bacaan masyarakat desa Tanjung Terdana. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Beberapa langkah yang diambil dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan indikator faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan informasi, yaitu 1) faktor sosial; 2) faktor afeksi; 3) Faktor kompleksitas; 4) faktor kesesuaian tugas; 5) faktor konsekuensi jangka panjang; 6) kondisi yang memfalisitas, yang dikembangkan oleh Thomson et al yang dikutip oleh Sabihaini. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan taman baacan masyarakat desa Tanjung Terdana belum maksimal, hal ini dilihat dari hasil wawancara bersama informan dan disinkronkan dengan hasil observasi peneliti. Pengunjung berkunjung ke taman bacaan masyarakat mayoritas adalah masyarakat yang ada kegiatan atau urusan di kantor desa Tanjung Terdana. Buku yang dibaca oleh pengunjung adalah buku yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat seperti buku cerita, novel, majalah serta ilmu pengetahuan lain untuk membantu menyelesaikan tugas sekolah. Hambatan yang dialami oleh pengelola TBM desa Tanjung Terdana adalah minat baca masyarakat sekitar yang tergolong masih rendah, belum adanya penjaga tetap. Selain itu, dalam memenuhi kebutuhan operasional taman bacaan masyarakat sangat bergantung pada dana yang dimiliki pengelola yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 May 2024 07:59
Last Modified: 15 May 2024 07:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18024

Actions (login required)

View Item View Item