IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR DALAM MENGANALISA PERANCANGAN BANGUNAN KOMERSIAL RUKO TAHAN GEMPA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (Studi Kasus : Kota Bengkulu)

CAHYANTI, REGITA and Desi, Andreswari and Mukhlis, Islam (2018) IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR DALAM MENGANALISA PERANCANGAN BANGUNAN KOMERSIAL RUKO TAHAN GEMPA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (Studi Kasus : Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_REGITA CAHYANTI_G1A014009.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Bangunan komersial merupakan bangunan gedung yang dalam perancangannya perlu mempertimbangkan berbagai aspek baik dari sisi tampilan bangunan, pertimbangan efisiensi, dan keamanan. Gempa bumi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap bangunan sehingga harus diperhitungkan dengan benar dalam perencanaan struktur tahan gempa agar tidak terjadi kerusakan apabila terjadi gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem pakar yang dapat mempermudah dalam menganalisa perancangan bangunan komersial ruko tahan gempa di Kota Bengkulu.Sistem pakar yang dibangun menggunakan metode certainty factor ini, bekerja dengan cara sistem menampilkan pertanyaan yang digunakan sebagai parameter dan akan dipilih oleh pengguna, dimana setiap jawaban pengguna tersebut mempengaruhi hasil konsultasi dan sistem tersebut menghasilkan output berupa model perancangan yang terpilih, informasi model perancangan dan nilai kepercayaan (Certainty Factor).Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dan pengujian fungsional sistem dengan menggunakan metode Black Box telah berhasil 100 % dengan skenario yang telah dibuat dan berdasarkan keakuratan sistem yang telah dilakukan menggunakan 45 data model menghasilkan akurasi sebesar 100%. Kata Kunci : Bangunan Komersial, Gempa, Sistem Pakar, Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:18
Last Modified: 24 Apr 2019 04:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item View Item