Vina, Rahmawati and Rusdi, Efendi and Desi, Andreswari (2023) ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) ( Studi Kasus : Aplikasi BRImo Nasabah BRI Kabupaten Mukomuko ). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Teknik.
![Thesis sistem informasi [thumbnail of Thesis sistem informasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_VINA_RAHMAWATI_G1F017013 - Raffli Pamungkas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Aplikasi BRImo merupakan aplikasi internet dan mobile banking BRI terbaru berbasis
data internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non-nasabah BRI
untuk dapat bertransaksi dengan User Interface dan User Experience terbaru serta fitur�fitur menarik lainnya dengan pilihan sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan
Giro/Tabungan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, survei dan studi literatur. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pengguna BRImo yang ada di kabupaten Mukomuko yang
berjumlah 99 nasabah. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
model User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil pengolahan data dari
99 responden denganmenggunakan statistik deskriptif pada masing-masing atribut yang
mengukur user experience dengan UEQ diketahui aplikasi BRImo mendapatkan nilai
evaluasi positif. Berdasarkan hasil benchmark nilai yang didapat pada masing-masing
variabel UEQ dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool diketahui bahwa variabel
attractiveness/daya tarik (mean 2,19), perspicuity/kejelasan (mean 2,22),
efficiency/efisiensi (mean 2,06), dependability/ketepatan (mean 2,00) dan
stimulation/stimulasi (mean 2,13) mendapatkan nilai excellent (bagus sekali).
sedangkan novelty/kebaruan (mean 0,45) mendapatkan nilai below average (dibawah
rata- rata). Analisis dengan menggunakan UEQ menunjukkan user experience dari
pengguna aplikasi BRImo sudah baik, namun masih perlu dilakukan perbaikan pada
skala novelty/kebaruan dengan cara meningkatkan layanan BRImo yang berdaya cipta,
terdepan dan melakukan inovasi agar menghasilkan suatu hal baru yang dapat
meningkatkan kesan pengguna sehingga nilai pada skala novelty dapat menjadi lebih
baik.
Kata Kunci: pengalaman pengguna, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | 58 lili haryanti |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 03:40 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 03:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/18391 |