STUDI KECEPATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN ALAT SPEED GUN SEBAGAI DETEKSI DINI KESELAMATAN BERLALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Irian Kota Bengkulu)STUDI KECEPATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN ALAT SPEED GUN SEBAGAI DETEKSI DINI KESELAMATAN BERLALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Irian Kota Bengkulu)

Siti, Ngaisah and Samsul, Bahri and Mawardi, Mawardi (2023) STUDI KECEPATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN ALAT SPEED GUN SEBAGAI DETEKSI DINI KESELAMATAN BERLALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Irian Kota Bengkulu)STUDI KECEPATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN ALAT SPEED GUN SEBAGAI DETEKSI DINI KESELAMATAN BERLALU LINTAS (Studi Kasus: Jalan Irian Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SITI NGAISAH G1B018089 - Siti Ngaisah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jalan Irian merupakan salah satu ruas yang tercatat memiliki kasus kecelakaan yang cukup tinggi di Kota Bengkulu. Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah kecepatan kendaraan, perilaku pengendara, dan tipe-tipe pada ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa tingkat kecepatan berbagai jenis kendaraan saat lalu lintas puncak, sedang, dan rendah, mengetahui perilaku pengendara terkait pengaruh perilaku terhadap kecepatan kendaraan, dan mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku pengendara terhadap tingkat kecepatan kendaraan. Data penelitian berupa data geometrik jalan, arus lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan perilaku pengendara. Pengolahan data yang dilakukan berupa analisis kecepatan lapangan, analisis statistik kuesioner, dan analisis regresi berganda periaku pengendara terhadap kecepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat arus lalu lintas puncak, kecepatan rata-rata kendaraan pada periode ini adalah 29,66 km/jam. Pada saat arus lalu lintas sedang, kecepatan rata-rata kendaraan pada periode ini adalah 39,48 km/jam. Pada saat lalu lintas rendah, kecepatan rata-rata kendaraan pada periode ini adalah 65,91 km/jam. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa karakteristik pengendara laki-laki dan pengendara perempuan cenderung sama dalam menentukan variabel pengaruh terhadap kecepatan kendaraan. Selain itu, karakteristik pengendara laki-laki berdasarkan hasil kecepatan kendaraan pada kuesioner cenderung lebih ugal-ugalan jika dibandingkan dengan pengendara perempuan. Hubungan antara perilaku pengendara terhadap kecepatan memiliki nilai R 2 sebesar 0,757. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel perilaku (x) berpengaruh kuat terhadap variabel kecepatan kendaraan (y). Hasil analisis deteksi dini keselamatan berlalu lintas menunjukkan bahwa secara teoritis yang merujuk pada MKJI 1997, tingkat kecepatan pengendara Jalan Irian masih dibawah ambang batas kecepatan yang diizinkan. Namun demi keselamatan pengendara, merujuk pada UU No 22 tahun 2009 pasal 115 tentang batas kecepatan, pengendara telah melewati batas maksimum kecepatan izin ukuran kota. Solusinya, perlu dilakukan kampanye keselamatan lalu lintas salah satunya memasang rambu batas kecepatan. Kata-kata kunci: Kecepatan, Perilaku Pengendara, dan Keselamatan Berlalu Lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:50
Last Modified: 27 Jun 2024 04:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18651

Actions (login required)

View Item View Item