PERBANDINGAN DISCOVERY LEARNING DAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DILIHAT DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI SMP N 2 KOTA BENGKULU

Anisah, Sa’bandiyah and Alexon, Alexon and Abas, Abas (2023) PERBANDINGAN DISCOVERY LEARNING DAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DILIHAT DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI SMP N 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
A1C019067_Anisah Sa'bandiyah_SKRIPSI - 067 Anisah Sa'bandiyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep diperlukan oleh peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan. Proses pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep pada kelas yaitu dengan menggunakan model discovery learning dan pembelajaran saintifik. Namun, perlu dilakukan penelitian lagi yang manakah lebih baik/tinggi untuk meningkatkan pemahaman konsep atau tidak ada perbedaan dari kedua kelas tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model discovery learning dan pembelajaran saintifik dilihat dari kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi penyajian data di SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII�H (kelas eksprimen 1) yang berjumlah 34 orang peserta didik dan kelas VII-F (kelas eksperimen 2) yang berjumlah 33 orang peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai yakni Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model discovery learning lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunkan pembelajaran saintifik pada materi penyajian data di SMPN 2 Kota Bengkulu. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelima indikator pemahaman konsep yang digunakan pada kelas discovery learning lebih baik dari saintifik. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:01
Last Modified: 10 Jul 2024 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18859

Actions (login required)

View Item View Item