ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT SPONSOR UTAMA DALAM ACARA TELEVISI (Studi Pada Product Placement Mie Sedaap pada Acara Indonesian Idol RCTI)

Virlyanza, Wendra and Muhartini, Salim and Seprianti, Eka Putri (2021) ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT SPONSOR UTAMA DALAM ACARA TELEVISI (Studi Pada Product Placement Mie Sedaap pada Acara Indonesian Idol RCTI). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
tesis wendra OK YES.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Strategi brand placement atau product placement adalah strategi kegiatan penempatan nama merek, produk, kemasan produk, lambang atau logo tertentu dalam sebuah film, acara televisi ataupun media lainnya untuk meningkatkan ingatan Audience akan merek tersebut dan untuk merangsang terciptanya pembelian. Product placement dilakukan secara halus dan merupakan satu kesatuan dengan media yang digunakan sehingga visibilitas merek menjadi terangkat, product placement yang menonjol sebagai strategi pemasaran merupakan cara langsung untuk memperoleh keuntungan komersial dari konteks dan lingkungan dimana produk itu ditampilkan atau digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh product placement dan perbedaan jenis kelamin terhadap sikap audience pada product placement Mie Sedaap dalam acara Indonesian Idol di RCTI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden menggunakan media elektronik (online survey). Sampel yang digunakan dalam analisis adalah 136 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresbi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel product placement berpengaruh signifikan terhadap sikap audience produk Mie pada acara Indonesian Idol. Artinya, jika product placement semakin dipersepsikan positif, maka sikap audience produk Mie pada acara Indonesian Idol juga semakin positif dan (2) Perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap audience produk Mie pada acara Indonesian Idol. Artinya, perbedaan jenis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:03
Last Modified: 18 Jul 2024 01:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item