ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT SPONSOR UTAMA DALAM ACARA TELEVISI (Studi Pada Product Placement Mie Sedaap pada Acara Indonesian Idol RCTI)

Virlyanza, Wendra and Muhartini, Salim and Seprianti, Eka Putri (2021) ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT SPONSOR UTAMA DALAM ACARA TELEVISI (Studi Pada Product Placement Mie Sedaap pada Acara Indonesian Idol RCTI). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
tesis wendra OK YES.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Strategi brand placement atau product placement adalah strategi kegiatan
penempatan nama merek, produk, kemasan produk, lambang atau logo tertentu
dalam sebuah film, acara televisi ataupun media lainnya untuk meningkatkan
ingatan Audience akan merek tersebut dan untuk merangsang terciptanya
pembelian. Product placement dilakukan secara halus dan merupakan satu
kesatuan dengan media yang digunakan sehingga visibilitas merek menjadi
terangkat, product placement yang menonjol sebagai strategi pemasaran
merupakan cara langsung untuk memperoleh keuntungan komersial dari konteks
dan lingkungan dimana produk itu ditampilkan atau digunakan. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui pengaruh product placement dan perbedaan jenis kelamin
terhadap sikap audience pada product placement Mie Sedaap dalam acara
Indonesian Idol di RCTI. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden
menggunakan media elektronik (online survey). Sampel yang digunakan dalam
analisis adalah 136 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
regresbi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel product placement
berpengaruh signifikan terhadap sikap audience produk Mie pada acara
Indonesian Idol. Artinya, jika product placement semakin dipersepsikan positif,
maka sikap audience produk Mie pada acara Indonesian Idol juga semakin positif
dan (2) Perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap
audience produk Mie pada acara Indonesian Idol. Artinya, perbedaan jenis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Management Program
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:03
Last Modified: 18 Jul 2024 01:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200