Julianto, Ivan and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 9 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
IVAN JULIANTO_A1L019007 - Ivan Julianto.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini Deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 7 orang peserta didik diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kedisiplinan belajar. Data dianalisis dengan statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini terbukti dengan nilai t=10.425 dan sig (2-tailed) 0.000 (0.000<0.05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok dengan strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Penelitian menunjukkan skor rata-rata kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan kategori sangat rendah dan setelah diberikan perlakuan skor rata-rata kedisiplinan belajar menjadi sangat tinggi. Hasil penelitian menyarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan strategi self- management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik. Kata Kunci : Konseling kelompok, Kedisiplinan Belajar, Strategi Self- Management
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:32 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19647 |
Actions (login required)
View Item |