PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Dila, Belya Ulfa and Victoria, Karjiyati and Feri, Noperman (2023) PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PENGARUH ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF - Belya UlfaDila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa SD yang ada di Kota Bengkulu yang terakreditasi A dan berjarak 600 m dari sentra kue tat dan diperoleh kelas V A SD Negeri 02 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas V SD Negeri 103 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Uji coba instrumen dilakukan di kelas VI A SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif uraian yang berjumlah 1 soal yang memuat empat indikator kemampuan berpiikir kreatif. Hasil uji n gain pretest dan posttest kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan skor n gain kelas eksperimen sebasar 0,43 dan kelas kontrol 0,38 yang menunjukkan bawah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif anak dengan mengggunakan model pembelajaran discovery learning. Selanjutnya hasil perhitungan uji-t posttest skor didapatkan thitung 0,713 < ttabel 2,06 artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan yang berarti tidak terdapat pengaruh etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif. Karena < maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh dari etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan model discovery learning pada pembelajaran matematika kelas V SDN Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:30
Last Modified: 19 Aug 2024 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20185

Actions (login required)

View Item View Item