Dila, Belya Ulfa and Victoria, Karjiyati and Feri, Noperman (2023) PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI PENGARUH ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF - Belya UlfaDila.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah beberapa SD yang ada di Kota Bengkulu yang terakreditasi A dan berjarak 600 m dari sentra kue tat dan diperoleh kelas V A SD Negeri 02 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas V SD Negeri 103 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Uji coba instrumen dilakukan di kelas VI A SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif uraian yang berjumlah 1 soal yang memuat empat indikator kemampuan berpiikir kreatif. Hasil uji n gain pretest dan posttest kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan skor n gain kelas eksperimen sebasar 0,43 dan kelas kontrol 0,38 yang menunjukkan bawah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif anak dengan mengggunakan model pembelajaran discovery learning. Selanjutnya hasil perhitungan uji-t posttest skor didapatkan thitung 0,713 < ttabel 2,06 artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan yang berarti tidak terdapat pengaruh etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif. Karena < maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh dari etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan model discovery learning pada pembelajaran matematika kelas V SDN Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:30 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20185 |
Actions (login required)
View Item |