SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG TENDER PROYEK MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS(MEEP) (Studi Kasus : Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu)

Ningsih, Rizka Yulia and Desi, Andreswari and Asahar, Johar (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG TENDER PROYEK MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS(MEEP) (Studi Kasus : Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI-G1A014005-rizka yulia ningsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Pengambilan keputusan dalam menentukan pemenang tender proyek bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap instansi yang mengadakan tender proyek, khususnya pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu. Alasannya dikarenakan pihak panitia masih melakukan proses perhitungan maupun penilaian masih belum adanya sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) dalam menentukan pemenang tender proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh instansi. Tujuan penelitian menggunakan metode MFEP tersebut adalah untuk meminimalisir kesalahan atau ketidaksesuaian yang terjadi dalam proses perhitungan data dalam jumlah yang banyak. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode MFEP dapat digunakan dalam proses penentuan pemenang tender proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu dengan hasil yang diharapkan, serta pengujian dengan membandingkan hasil perhitungan secara manual dengan perhitungan menggunakan sistem menunjukkan persentase tingkat keakurasian sistem sebesar 99,99% dan pengujian fungsional sistem dengan menggunakan metode Black Box telah berhasil 100 % dengan skenario yang telah dibuat. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemenang Tender Proyek, Metode MFEP

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:24
Last Modified: 07 Nov 2019 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20293

Actions (login required)

View Item View Item