PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK AL-ANISA KOTA BENGKULU

Elisa, Diona and M. Nasirun, M. Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2023) PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK AL-ANISA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DIONA ELISA SKRIPSI JADI - Diona Elisa (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kegiatan finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok B. Polulasi dan sampel ini adalah anak kelompok B Tk Al-Anisa Kota Bengkulu dengan jumlah 20 anak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitiatif dengan metode eksperimen desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan Treatment pada kelas eksperimen yaitu dengan kegiatan finger painting Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Independent Sample T-test dengan menggunakan SPPS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara kegiatan finger painting terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok B di Tk Al-Anisa Kota Bengkulu. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak menggunakan kegiatan finger painting, untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan lingkup yang lebih luas dan dapat mengembangkan kegiatan finger painting dengan bentuk dan jenis yang lebih bervariasi. Kata Kunci: Pengaruh, Kegiatan Finger Painting, Keterampilan Motorik Halus

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:03
Last Modified: 02 Sep 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item View Item