MODEL BAHAN AJAR MATEMATIKA RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi Pengembangan pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bengkulu)

Andriani, Desi and Bambang, Sahono and Badeni, Badeni and Saleh, Haji (2023) MODEL BAHAN AJAR MATEMATIKA RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (Studi Pengembangan pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
DESI ANDRIANI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Desi Andriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan lingkungan terdekat peserta didik dan juga berbasis budaya daerah lebih efektif dan bermakna. Maka di perlukan modul ajar yang yang berkaitan dengan lingkungan dan budaya terdekat peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar matematika RME berbasis etnomatmatika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik keas IV Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar matematika RME berbasis etnomatematika yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik baik berupa penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan peserta didik kelas IV sekolah dasar di kota Bengkulu. Dalam pembelajaran juga lebih efektif jika dibandingkan menggunakan sumber belajar biasa. Temuan baru dalam penelitian ini adalah produk bahan ajar matematika RME berbasis etnomatmatika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model bahan ajar matematika RME, Etnomatematika, modul, Hasil Belajar, Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item