MODEL BIMBINGAN-SOFT SKILLS KOMPREHENSIF DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIER SISWA SMA

Naser, Muhammad Nikman and Syukri, Hamzah and I Wayan, Dharmayana (2024) MODEL BIMBINGAN-SOFT SKILLS KOMPREHENSIF DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN PILIHAN KARIER SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Cover pengesahan)
cover pengesahan DISERTASI MUHAMMAD NIKMAN NASER - Nikman Muhammad.pdf - Other
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DISERTASI)
DISERTASI MUHAMMAD NIKMAN NASER - Nikman Muhammad_2.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bimbingan soft skills komprehensif dalam meningkatkan kematangan pilihan karier siswa. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan menggunakan desain model pengembangan 4-D. Populasi penelitian ini ialah siswa SMA Se-Provinsi Bengkulu kelas XI. Sampel penelitian menggunakan purposive random sampling terdiri dari 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata model bimbingan-soft skills komprehensif dalam meningkatkan kematangan pilihan karier siswa sebesar 85 % yang termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. Hasil test statistics diketahui bahwa nilai uji Z sebesar -.2.803 dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,005, artinya terdapat perbedaan kematangan pilihan karier sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Analisis PLS (Model Struktural Outer Models) aspek soft skills yang mencakup inisiatif, keberanian, kemandirian, konsistensi, kontrol diri dan stabilitas emosi secara keseluruhan memiliki nilai T-statistics lebih besar dari critical value yakni > 1,960 dan p- values lebih kecil dari < 0,05), yang berarti berpengaruh positif serta signifikan terhadap variabel kematangan pilihan karier. Simpulan penelitian, model bimbingan soft skills komprehensif layak digunakan serta dapat ditindaklanjuti pada pengembangan aspek soft skills lainnya yang relevan dengan tugas perkembangan karier siswa. Kata Kunci: Bimbingan, Soft Skills, Kematangan Pilihan Karier

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:21
Last Modified: 14 Oct 2024 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22259

Actions (login required)

View Item View Item