Lisa, Nadilla Triana and Agustinsa, Ringki and Susanto, Edi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
A1C020054 Nadilla Triana Lisa Skripsi - Nadila Trilili.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari Self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam peneitian ini adalah peserta didik kelas VII.8 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII.9 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes soal kemampuan representasi matematis dan angket Self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik; 2) terdapat pengaruh Self-efficacy terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik; 3) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy tinggi antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional; 4) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy sedang antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional; 5) tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy rendah antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self-efficacy, Think Pair Share
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22644 |
Actions (login required)
View Item |