PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 1 KOTA BENGKULU

Lisa, Nadilla Triana and Agustinsa, Ringki and Susanto, Edi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
A1C020054 Nadilla Triana Lisa Skripsi - Nadila Trilili.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari Self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam peneitian ini adalah peserta didik kelas VII.8 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII.9 yang berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes soal kemampuan representasi matematis dan angket Self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik; 2) terdapat pengaruh Self-efficacy terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik; 3) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy tinggi antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional; 4) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy sedang antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional; 5) tidak terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy rendah antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self-efficacy, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:34
Last Modified: 18 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22644

Actions (login required)

View Item View Item