PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK di KELAS V SD NEGERI 81 KAUR

Yuliati, Yuliati and Lusa, Herman and Agusdianita, Neza (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK di KELAS V SD NEGERI 81 KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YULIATI A1G021169 - Yuli Ati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model Discovery Learning berbantuan media gambar dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 81 Kaur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 81 Kaur. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus presentase keterlaksanaan. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terdiri dari 6 sintak yaitu 1) stimulasi, 2) identifikasi masalah, 3) pengumpulan data, 4) pengolahan data, 5) pembuktian, 6) menarik kesimpulan. Peningkatan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran siklus I dengan presentase 66%, meningkat pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar pada siklus I ketuntasan belajar 30% dengan nilai rata-rata 57, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan belajar 100% dan nilai rata-rata 89. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 81 Kaur. Kata kunci: Discovery Learning, Tematik, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:10
Last Modified: 22 Oct 2024 01:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22811

Actions (login required)

View Item View Item