Yuliati, Yuliati and Lusa, Herman and Agusdianita, Neza (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK di KELAS V SD NEGERI 81 KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YULIATI A1G021169 - Yuli Ati.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model Discovery Learning berbantuan media gambar dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 81 Kaur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas V SD Negeri 81 Kaur. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus presentase keterlaksanaan. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terdiri dari 6 sintak yaitu 1) stimulasi, 2) identifikasi masalah, 3) pengumpulan data, 4) pengolahan data, 5) pembuktian, 6) menarik kesimpulan. Peningkatan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran siklus I dengan presentase 66%, meningkat pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar pada siklus I ketuntasan belajar 30% dengan nilai rata-rata 57, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan belajar 100% dan nilai rata-rata 89. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 81 Kaur. Kata kunci: Discovery Learning, Tematik, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22811 |
Actions (login required)
View Item |