Yolanda, Helen Rosalinda and Anggraini, Dwi and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA KELAS IV GUGUS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi_Helen Rosalinda Yolanda_compressed_compressed-dikompresi - Helen Rosalinda Yolanda.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian The Matching Only Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV C SD Negeri 02 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan kelas IV A SD Negeri 09 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi penilaian keterampilan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara data nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan metode demonstrasi. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai uji Wilcoxon Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara posttest pada kelas eksperimen dan kontrol dalam hasil belajar keterampilan penggunaan metode demontrasi, sehingga terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa di kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Seni Rupa, Hasil Belajar Keterampilan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22819 |
Actions (login required)
View Item |