PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA KELAS IV GUGUS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Yolanda, Helen Rosalinda and Anggraini, Dwi and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA KELAS IV GUGUS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Helen Rosalinda Yolanda_compressed_compressed-dikompresi - Helen Rosalinda Yolanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian The Matching Only Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV C SD Negeri 02 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan kelas IV A SD Negeri 09 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi penilaian keterampilan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara data nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan metode demonstrasi. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai uji Wilcoxon Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara posttest pada kelas eksperimen dan kontrol dalam hasil belajar keterampilan penggunaan metode demontrasi, sehingga terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa di kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Seni Rupa, Hasil Belajar Keterampilan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item View Item