PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV D SDN 16 KOTA BENGKULU

Malinda, Teara and Lusa, Herman and Dalifa, Dalifa (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV D SDN 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_SIDANG_BISMILLAH_(1)[1] - Fren Jenika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan Model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah dengan Peneltian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dengan subjek berjumlah 36 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata�rata skor, skor tertingg, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model PBL. Hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh 42,5 kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 60 kategori baik. Hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I diperoleh 40,5 kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 58,5 kategori baik. Hasil belajar pada pada mata pelajaran IPAS siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 60,13 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,55%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,77 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media powtoon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model problem based learnig, Powtoon, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22824

Actions (login required)

View Item View Item