Malinda, Teara and Lusa, Herman and Dalifa, Dalifa (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV D SDN 16 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_SIDANG_BISMILLAH_(1)[1] - Fren Jenika.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan Model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah dengan Peneltian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dengan subjek berjumlah 36 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata�rata skor, skor tertingg, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model PBL. Hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh 42,5 kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 60 kategori baik. Hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I diperoleh 40,5 kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 58,5 kategori baik. Hasil belajar pada pada mata pelajaran IPAS siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 60,13 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,55%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,77 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media powtoon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model problem based learnig, Powtoon, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22824 |
Actions (login required)
View Item |