Prismar, Prismar and Riyanto, Riyanto and Risdianto, Eko (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Siswa Kelas XI SMK Kabupaten Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS_Prismar_A2M021039 - Prismar S.Pd.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan media augmented reality berbasis android dapat meningkatkan kemandirian belajar, mendeskripsikan kelayakan media, mendeskripsikan praktikalitas media, dan mendeskripsikan efektitias Media Augmented Reality berbasis android dalam meningkatkan kemandirian belajar. Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik SMK di kabupaten Rejang Lebong tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yaitu Penelitian dan Pengambangan (Research & Development). Pendekatan dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data menggunakan angkat, observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik Analisa data yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert untuk menggambarkan kecenderungan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap analysis diperlukan media pembelajaran yang menarik, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan mendorong kemandirian belajar. Pada tahap design dibuat media augmented reality berbasis android. Tahap development, penilain ahli media diberikan kriteria sangat layak. Ahli materi ktiteria sangat layak. Uji praktikalitas oleh Guru sebagai pengguna media menunjukkan kriteria sangat praktis. Uji coba skala terbatas diperoleh perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol (cukup mandiri) dan kelas eksperimen (mandiri) dengan respon siswa, sangat setuju. Tahap implementation diperoleh perbedaan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol (mandiri) dan kelas eksperimen (sangat mandiri) dengan respon siswa, sangat setuju. Tahap evaluation diberikan bahwa media layak dan efektif untuk digunakan. Kesimpulan yang diperoleh media augmented reality berbasis android yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian belajar, layak untuk digunakan, praktis dalam penggunaan dan efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI SMK di kabupaten Rejang Lebong Kata Kunci: Augmented Reality, Research & Development, ADDIE, SMK Rejang Lebong
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22916 |
Actions (login required)
View Item |