Prismar, Prismar and Riyanto, Riyanto and Risdianto, Eko (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Siswa Kelas XI SMK Kabupaten Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_Prismar_A2M021039 - Prismar S.Pd.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan media augmented reality berbasis
android dapat meningkatkan kemandirian belajar, mendeskripsikan kelayakan
media, mendeskripsikan praktikalitas media, dan mendeskripsikan efektitias
Media Augmented Reality berbasis android dalam meningkatkan kemandirian
belajar. Ruang lingkup penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI teknik instalasi
tenaga listrik SMK di kabupaten Rejang Lebong tahun pelajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yaitu Penelitian dan Pengambangan (Research &
Development). Pendekatan dengan metode ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data
menggunakan angkat, observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik Analisa
data yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan skala
likert untuk menggambarkan kecenderungan. Hasil penelitian menunjukkan pada
tahap analysis diperlukan media pembelajaran yang menarik, interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, dan mendorong kemandirian belajar. Pada tahap
design dibuat media augmented reality berbasis android. Tahap development,
penilain ahli media diberikan kriteria sangat layak. Ahli materi ktiteria sangat
layak. Uji praktikalitas oleh Guru sebagai pengguna media menunjukkan kriteria
sangat praktis. Uji coba skala terbatas diperoleh perbedaan yang signifikan
antara kelas kontrol (cukup mandiri) dan kelas eksperimen (mandiri) dengan
respon siswa, sangat setuju. Tahap implementation diperoleh perbedaan
perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol (mandiri) dan kelas eksperimen
(sangat mandiri) dengan respon siswa, sangat setuju. Tahap evaluation diberikan
bahwa media layak dan efektif untuk digunakan. Kesimpulan yang diperoleh
media augmented reality berbasis android yang dikembangkan dapat
meningkatkan kemandirian belajar, layak untuk digunakan, praktis dalam
penggunaan dan efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI
SMK di kabupaten Rejang Lebong
Kata Kunci: Augmented Reality, Research & Development, ADDIE, SMK Rejang
Lebong
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 09:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22916 |