PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN FISIK DESA DI DESA TALANG TINGGI KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Kurniawan, Sunny and Tarigan, Jarto and Hardayani, Yorry (2021) PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM PENINGKATAN PEMBANGUNAN FISIK DESA DI DESA TALANG TINGGI KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI SUNNY KURNIAWAN D1D116013 AP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam penyelenggaraan pemerintahan, Desa membutuhkan keuangan yang mencakup untuk menjalankan pemerintahan. Bentuk Kebijakan yang dilakukan pemerintah yaitu dengan adanya kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD). Dari pendanaan ADD tersebut bahwa desa dapat berupaya meningkatan potensi dan sumber daya desa untuk memajukan serta membuat desa menjadi mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi yaitu mengamati secara langsung objek yang di teliti serta wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi dengan pengumpulan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang berdasarkan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu di Desa Talang Tinggi Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Desa, BPD, dalam perencanaan APB Desa masih terdapat perubahan perencanaan dan masih belum efektifnya beberapa perencanaan yang ditetapkan. Sementara itu, pada pelaksanaan pengelolaan keuangan Desa. Penarikan atau pencairan dana merupakan wewenang dari tim pengelola yaitu Pemerintah desa. Kepala desa menugaskan Kepala Urusan Keuangan dan Kepala Seksi dalam penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Pada tahap pertanggungjawaban, Kepala Desa melaporkan laporan pertanggungjawaban kepada Bupati melalui Camat. Laporan pertanggungjawaban juga diinformasikan kepada masyarakat melalui papan informasi desa. Pada Desa Talang Tinggi media informasi realisasi ADD tersebut disampaikan melalui spanduk yang di letakkan pada lokasi strategis desa dan merincikan setiap realisasi ADD. Dari pengelolaan ADD tersebut ditemukan bahwa pada proses Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban sudah dikelola dengan baik walaupun pada tahap Perencanaan adanya perubahan fokus pembangunan fisik Pembangunan Gedung Serba Guna Desa dan Pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Rukam dan keterlambatan pada pelaporan pertanggungjawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 160 Daryono Daryono
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:08
Last Modified: 18 Nov 2021 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item