Wahyuni, Sri and Pudji , Hartuti and Afifatus , Sholihah (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF PADA ANAK USIA DINI DI TK KARTIKA II-40 KODIM LUBUKLINGGAU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III-1-13-sri-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (585kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP-1-13-sri-FI.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (579kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan kooperatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelomok B TK Kartika II-40 Kodim Lubuklinggau dengan jumlah 20 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Tahap penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian pada akhir siklus I, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek mau bermain mencapai 15%, bekerjasama dengan teman mencapai 15%, saling membantu dalam permainan mencapai 20%, melaksanakan tugas dan peran yang diberikan mencapai 25%, dapat memuji teman mencapai 20%,mantaati peraturan mencapai 15%. Sabar menunggu giliran mencapai 10%,antusias ketika bermain mencapai 15%, mengendalikan emosi dengan cara wajar mencapai 15%, senang ketika mendapat giliran mencapai 10%. Pada siklus II, jumlah anak yang mendapat nilai baik pada aspek mau bermain mencapai 70%, bekerjasama dengan teman mencapai 75%, saling membantu dalam permainan mencapai 75%, melaksanakan tugas dan peran yang diberikan mencapai 75%, dapat memuji teman/orang lain mencapai 85%, mantaati peraturan mencapai 75%. Sabar menunggu giliran mencapai 80%,antusias ketika bermain mencapai 85%, mengendalikan emosi dengan cara wajar mencapai 80%, senang ketika mendapat giliran mencapai 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 17 Dec 2013 09:42 |
Last Modified: | 17 Dec 2013 09:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4666 |
Actions (login required)
View Item |