PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMPN 7 KOTA BENGKULU

Suryani, Suryani and Rusdi, Rusdi and Irsal, Idris (2012) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Suryani PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: 1) Rencana tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa (LKS), dan lembar tes. Dari analisis keaktifan siswa yang di ukur dengan lembar observasi aktivitas diperoleh peningkatan keaktifan siswa mulai dari siklus I hingga siklus III. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa yang semula hanya 53,21 pada siklus I menjadi 73,87 pada siklus II, dan terus meningkat hingga 84,5 pada siklus III. Sedangkan persentase keberhasilan belajar klasikal pada siklus I sebesar 15,6%, meningkat menjadi 62,5% pada siklus II dan terus meningkat hingga 90,6% pada siklus III. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah: 1) cara menerapakan Pendekatan Pembelajaran Kontextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran matematika dikelas VII D sehingga siswa menjadi aktif adalah: (a) peneliti harus benar-benar mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, (b) peneliti harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), (c) peneliti memberikan motivasi yang tinggi agar siswa mau berpartisipasi aktif saat diskusi dan aktif mengerjakan LKS, (d) peneliti memberi tegudan atau hukuman kepada siswa yang tindakannya tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran. 2) cara meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah: (a) siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki sendiri materi yang dipelajari, (b) siswa diberikan kesempatan untuk mengaplikan sendiri materi yang sudah didapat dengan mengerjakan latihan soal. 3) siswa diberikan tugas rumah untuk membangkitkan minat belajar siswa dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Dec 2013 12:22
Last Modified: 17 Dec 2013 12:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item